Alur Penggunaan Sistem Surat Keterangan Aktif Mahasiswa Faperta UGM (SiAktif)

1. Mahasiswa membuka laman http://ugm.id/kemahasiswaanfaperta menggunakan Wifi UGM-Hotspot atau UGM-Secure.

"Jika Mahasiswa berada diluar lingkungan kampus atau tidak bisa terhubung Wifi UGM-Hotspot / UGM-Secure, dapat menggunakan VPN dengan cara berikut: Penggunaan VPN untuk Pembelajaran Daring – dti.ugm.ac.id"

2. Mahasiswa memilih salah satu jenis surat keterangan aktif sesuai kebutuhan.

Pilih "Surat Keterangan Kuliah PNS/TNI/Polri/BUMN/BUMD" Jika:

  • Membutuhkan surat keterangan masih kuliah untuk tunjangan gaji orang tua yang berprofesi sebagai PNS/TNI/Polri/BUMN/BUMD
  • Membutuhkan surat keterangan masih kuliah untuk mengurus pensiunan orang tua mantan PNS/TNI/Polri/BUMN/BUMD

Pilih "Surat Keterangan Aktif" Jika:

  • Membutuhkan surat keterangan aktif kuliah untuk mengurus BPJS
  • Membutuhkan surat keterangan aktif kuliah untuk melamar beasiswa
  • Membutuhkan surat keterangan aktif kuliah untuk melamar organisasi
  • Membutuhkan surat keterangan aktif kuliah untuk mengurus tunjangan orang tua SWASTA
  • Membutuhkan surat keterangan aktif kuliah untuk keperluan pertukaran mahasiswa
  • Membutuhkan surat keterangan aktif kuliah untuk keperluan lain

3. Mahasiswa mengisi identitas diri dan melengkapi formulir yang wajib di isi.

4. Setelah semua form terisi, Mahasiswa menekan tombol proses.

5. Selanjutnya surat akan disetujui terlebih dahulu oleh Korbid Akademik dan kemudian akan diproses oleh Admin Akademik.

6. Jika surat telah selesai diproses, surat keterangan aktif mahasiswa akan dikirim melalui Simaster di bagian menu DMS si pemohon.