• Tentang UGM
  • Informasi Publik
  • IT Center
  • Perpustakaan UGM
  • Webmail UGM
  • Pertanian Digital
    • Desa Apps
    • Lentera DESA
  • English Version
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Pertanian
  • Home
  • Tentang Kami
    • Sarjana
      • Leaflet dan Video Promosi Program Studi
      • SOP Perkuliahan Sarjana
      • Panduan Akademik
      • Bahan Kuliah dan Praktikum
      • Jadwal Kuliah & Praktikum
      • PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM)
      • Program Fastrack Faperta
      • Insentif Prestasi Mahasiswa
      • Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI)
      • Virtual Office Academic FAPERTA UGM
      • Info Beasiswa
      • International Undergraduate Class (IUC)
      • RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)
    • Pascasarjana
      • INFORMASI PERKULIAHAN PASCASARJANA
      • SOP PERKULIAHAN PASCASARJANA
      • Aturan Akademik Pascasarjana
      • Kurikulum Pascasarjana
      • RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)
      • Daftar Pembimbing S2 Pascasarjana
      • Daftar Promotor S3 Pascasarjana
    • Kemahasiswaan
    • Alumni
      • Lowongan Kerja
    • Fasilitas Pendukung
      • Perpustakaan
      • UGM Library Video Profile
      • Agriculture Ebooks
      • HPU
    • AIMS
    • Jaminan Mutu
      • EDOM Sarjana
      • EDOM Pascasarjana
      • Standard Operating Procedure – EDOM
      • Rencana Tindak Lanjut EDOM
      • Laporan RTM
  • PMB
  • Departemen
    • Budidaya Pertanian
    • Hama dan Penyakit Tumbuhan
    • Mikrobiologi Pertanian
    • Perikanan
      • Program Studi Akuakultur
      • Program Studi Manajemen Sumber Daya Akuatik
      • Program Studi Teknologi hasil Perikanan
    • Sosial Ekonomi Pertanian
      • Program Studi Ekonomi Pertanian dan Agribisnis
      • Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
    • Tanah
  • Penelitian & Publikasi
    • PENELITIAN
    • PENGABDIAN MASYARAKAT
    • PUBLIKASI
      • Buku
    • KERJASAMA
    • Buku Karya Dosen
  • Download
    • Download panduan kuliah online
    • Jadwal Kuliah & Praktikum
    • Bahan Kuliah dan Praktikum
    • Formulir
    • Agriculture Ebooks
    • PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR (POS) KEGIATAN FAKULTAS
    • Petunjuk Penulisan Laporan Akhir PKM 2020
    • Panduan Pelayanan Akademik Faperta UGM
    • E-Booklet PPKS UGM
    • Laporan Tahunan Dekan
    • Buku Kenangan Wisuda
  • Beranda
  • info
  • PENDAFTARAN PROGRAM PASCASARJANA FAKULTAS PERTANIAN UGM SEMESTER GENAP T.A. 2023/2024 TELAH DIBUKA

PENDAFTARAN PROGRAM PASCASARJANA FAKULTAS PERTANIAN UGM SEMESTER GENAP T.A. 2023/2024 TELAH DIBUKA

  • info
  • 10 October 2023, 15.06
  • Oleh: agusrn
  • 0

Pendaftaran program pascasarjana Fakultas Pertanian UGM Semester Genap T.A. 2023/2024 kembali dibuka dengan empat gelombang pendaftaran, dimulai dari gelombang 1 pada 26 September – 10 Oktober 2023, gelombang 2 pada 25 Oktober – 7 November 2023, gelombang 3 pada 21 November – 5 Desember 2023, dan gelombang 4 pada 19 Desember 2023 – 2 Januari 2024. Pada Semester Genap T.A. 2023/2024 Program pascasarjana Fakultas Pertanian UGM membuka enam program studi magister dan satu program studi doktor yang telah terakreditasi. Program studi tersebut antara lain:

  1. Program Studi Magister
  2. Ilmu Hama Tanaman
  3. Fitopatologi
  4. Ilmu Tanah
  5. Ekonomi Pertanian
  6. Manajemen Agribisnis
  7. Ilmu Perikanan
  8. Program Doktor Ilmu Pertanian
  9. Minat Agronomi
  10. Minat Pemuliaan Tanaman
  11. Minat Ilmu Hama Tumbuhan
  12. Minat Fitopatologi
  13. Minat Ilmu Tanah
  14. Minat Ekonomi Pertanian
  15. Minat Manajemen Agribisnis
  16. Minat Ilmu Perikanan dan Kelautan
  17. Minat Mikrobiologi Pertanian

 

Untuk melakukan pendaftaran, calon mahasiswa baru program pascasarjan perlu memenuhi beberapa syarat pendaftaran berupa dokumen dan/atau data yang dibutuhkan, seperti:

Program Magister:

  1. Ijazah asli dari program pendidikan sebelumnya
  2. Transkrip nilai asli
  3. Sertifikat akreditasi program studi pada program S1 atau setara
  4. Sertifikat hasil tes potensi yang masih berlaku, yaitu maksimal 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat. Tes potensi yang dimaksud dapat berupa tes PAPs UGM dengan skor minimal 450, tes TPDA PLTI dengan skor minimal 450, dan/atau Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS dengan skor minimal 450
  5. Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris, seperti AcEPT UGM dengan skor minimal 149, TOEP PLTI dengan skor minimal 401 (31), IELTS dengan skor minimal 4.0, Internet-Based TOEFL dengan skor minimal 30, dan ITP TOEFL dengan skor minimal 400
  6. Rekomendasi bersifat rahasia dari dua orang
  7. Proyeksi keinginan calon mahasiswa dalam mengikuti program magister yang berisi rencana topik/minat penelitian, serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, sampai rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh melalui link berikut: https://um.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/1425/2022/01/2022_form_proyeksi_keinginan_magister.pdf)
  8. Proposal penelitian tesis (bagi pelamar jalur berbasis penelitian)
  9. Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja
  • Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanjian Kerja Sama (PKS) atau surat penetapan sebagai penerima beasiswa yang masih berlaku (bagi pendaftar jalur kerja sama)
  • Dokumen surat pernyataan keaslian dokumen (format dapat diundur melalui tautan berikut: https://um.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/1425/2023/03/2023_SURAT_PERNYATAAN_KEASLIAN_DOKUMEN.pdf)

 

Program Doktor:

  1. Ijazah asli dari program pendidikan sebelumnya
  2. Transkrip nilai asli
  3. Sertifikat akreditasi program studi pada program S2 atau setara
  4. Sertifikat hasil tes potensi yang masih berlaku, yaitu maksimal 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat. Tes potensi yang dimaksud dapat berupa tes PAPs UGM dengan skor minimal 500, tes TPDA PLTI dengan skor minimal 500, dan/atau Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS dengan skor minimal 500
  5. Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris, seperti AcEPT UGM dengan skor minimal 209, TOEP PLTI dengan skor minimal 450 (45), IELTS dengan skor minimal 5.0, Internet-Based TOEFL dengan skor minimal 45, dan ITP TOEFL dengan skor minimal 450
  6. Rekomendasi bersifat rahasia dari dua orang
  7. Surat keterangan sehaat dari rumah sakit, puskesmas, atau klinik negeri/swasta yang memiliki izin dari pemerintah
  8. Syarat khusus:
  9. Proyeksi keinginan calon mahasiswa dalam mengikuti program doktor sesuai minat yang dipilih (format dapat diunduh melalui link https://um.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/1425/2022/01/2022_form_proyeksi_keinginan_doktor.pdf)
  10. Proposal penelitian disertasi yang dikirim langsung ke program studi dengan dilengkapi fotokopi bukti daftar (alamat pengiriman: pasca_faperta@ugm.ac.id)
  11. Bagi pelamar program doktor berbasis penelitian wajib telah berpengalaman bekerja profesional/penelitian minimal 5 tahun atau mempunyai publikasi dalam jurnal internasional bereputasi (min Q4) sebanyak 1 atau 2 prosiding internasional
  12. Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja (format dapat diunduh melalui link https://um.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/1425/2023/03/2023_FORM_IZIN_BELAJAR.pdf)
  • Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanjian Kerja Sama (PKS) atau surat penetapan sebagai penerima beasiswa yang masih berlaku (bagi pendaftar jalur kerja sama)
  • Dokumen surat pernyataan keaslian dokumen (format dapat diunduh melalui link https://um.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/1425/2023/03/2023_SURAT_PERNYATAAN_KEASLIAN_DOKUMEN.pdf)

 

Calon mahasiswa  dapat melakukan pendaftaran melalui tautan  https://um.ugm.ac.id dan mengecek kembali syarat pendaftaran yang telah disebutkan melalui tautan  https://ugm.id/SyaratPendaftaran

BERITA FAKULTAS

  • Workshop Kolaboratif Media Faperta dan AILESH Angkat Peran SDGs Dalam Media Sosial
    05/06/2025
  • Kuliah Umum Internasional “Gender dan Perubahan Iklim” bersama Prof. Ann R. Tickamyer
    05/06/2025
  • Program Coming Soon GIK UGM
    03/06/2025
  • Sinergi Fakultas Pertanian UGM dan KWT Kedung Aren dalam Optimalisasi Lahan Pekarangan, Kembangkan Pepaya Callina
    03/06/2025
  • Skrining dan Deteksi Dini Faktor Risiko PTM, HPU Faperta UGM Gelar Kegiatan Posbindu Rutin
    03/06/2025
Universitas Gadjah Mada

FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS GADJAH MADA

Jl. Flora Bulaksumur Yogyakarta 55281
faperta@ugm.ac.id
Telp./Fax.: +62 (274) 563062

TENTANG FAKULTAS

Visi & Misi

Sasaran & Tujuan

Struktur Organisasi

 

INFORMASI PUBLIK

Permohonan Informasi Publik

Daftar Informasi Tersedia Setiap Saat

Daftar Informasi Tersedia Secara Berkala

JURNAL ONLINE

Jurnal Ilmu Pertanian

Jurnal Perlindungan Tanaman Indonesia

Jurnal Ilmu Perikanan

Vegetalika

Jurnal Agro Ekonomi

PENELITIAN & PUBLIKASI

Penelitian

Publikasi

Buku Karya Dosen


FASILITAS PENDUKUNG

Perpustakaan Fakultas

Laboratorium

Ebooks

KERJASAMA

Kerjasama Fakultas

Kunjungan Sekolah

 

PENDAFTARAN

Sarjana

Pascasarjana

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY