Berawal dari mengikuti mata kuliah Hama dan Penyakit Tanaman di Ruang Tertutup dan Pascapanen yang diampu oleh seorang dosen Departemen Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian UGM, Ani Widiastuti, S. P. M. P., Ph.D., tim mahasiswa yang diketuai Amalia Sawita Linuwih (Hama dan Penyakit Tumbuhan 2022) dengan anggota Salsabila Yunanda Itsnasyita (Hama dan Penyakit Tumbuhan 2022) dan Yunita (Agronomi 2022) berhasil meraih juara 1 tingkat nasional dan predikat Best Paper pada Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diadakan oleh Universitas Riau pada 24 Februari 2024 dengan tema “Inovasi dan Harmoni Pemuda: Membangun Pertanian Indonesia Menuju Era Digital yang Berkelanjutan”.
Amalia dan timnya mengusung ide penggunaan UV-B di greenhouse untuk mengoptimalkan kesehatan tanaman hortikultura. Ide tersebut dituangkan dalam karya tulis berjudul “SPEKTRO-AGRI: Optimalisasi Kesehatan Tanaman Hortikultura Untuk Pertanian Berkelanjutan dengan Inovasi Manajemen Spektrum Elektromagnetik UV-B di Greenhouse”
“Pemanfaatan UV-B untuk tanaman hortikultura pada greenhouse adalah satu teknologi unik dan layak dikembangkan karena UV-B ataupun UV-A/ UV-C umumnya dianggap sesuatu yang negatif, baik untuk manusia maupun tumbuhan. Akan tetapi, aplikasi dalam dosis yang rendah dapat menginduksi ketahanan tanaman,” jelas Amalia.
Tim yang diberi nama URADA (UVB Hortikultura Gadjah Mada) tersebut mengikuti presentasi karya tulis ilmiah secara langsung di Riau. Secara bersama-sama, mereka tidak hanya menghasilkan karya tulis yang menarik, tetapi juga sebuah maket sederhana yang menunjukkan penggunaan UV-B secara sederhana.
“Keunggulan KTI kami adalah tidak hanya dari idenya yang unik, tetapi juga pembawaan narasi yang disertai penjelasan mekanisme optimalisasinya dalam paper dan maket yang kami usung,” tambah Amalia.
Menurut Amalia, prestasi ini menjadi pacuan bagi dirinya dan tim untuk dapat berkompetisi dalam berbagai lomba selanjutnya, serta diharapkan menjadi motivasi bagi mahasiswa Fakultas Pertanian UGM. Kegiatan ini juga sekaligus mendukung SDG 4: Pendidikan Berkualitas dan SDG 15: Ekosistem Daratan
Penulis: Sekar Anggi Meilie Cahyani
Foto: Dokumentasi Tim Amalia